Pengertian Sistem Informasi Pemasaran
Sistem Informasi Pemasaran yaitu seperangkat prosedur dan metode untuk
pengumpulan data, analisis, dan penyajian informasi yang teratur dan terencana
yang digunakan dalam pengambilan keputusan pemasaran.
Pengertian Sistem Informasi Pemasaran perlu kita ketahui agar bisa
menjalankan strategi pemasaran yang efektif, serta bisa juga dalam menerapkan
sistem komunikasi pemasaran dalam memahami pengertian riset pemasaran.
Pengertian Sistem Informasi Pemasaran adalah proses ataupun kegiatan yang
di lakukan oleh peseorangan dan organisasi atau perusahaan yang bertujuan untuk
mendapat memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam
lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan
penentuan harga barang dan jasa.
Sistem Informasi
Pemasaran (Implementasi) jika didefinisikan dalam arti yang luas, sistem
informasi pemasaran adalah kegiatan peseorangan dan organisasi yang memudahkan
dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang
dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang
jasa dan gagasan. Sistem informasi pemasaran selalu digunakan oleh bagian
pemasaran dalam sebuah perusahaan untuk memasarkan produk-produk perusahaan
tersebut. Sistem informasi ini merupakan gabungan dari keputusan yg berkaitan
dengan produk, tempat, promosi, dan harga produk.
Strategi pemasaran terdiri dari gabungan unsur-unsur
yang dinamakanBauran Pemasaran (Marketing Mix), yaitu 4P (Product,
Promotion, Place, Price).
1.Product (Produk)
Product (produk)
adalah apa yang dibeli oleh konsumen untuk memuaskan keinginan atau
kebutuhannya. Produk dapat berupa barang fisik, berbagai jenis jasa, atau suatu gagasan.
2. Promotion (Promosi)
• Promotion (promosi)
berhubungan dengan semua cara yang mendorong penjualan produk, termasuk
periklanan (advertising) dan penjualan langsung (direct sales).
3. Place (Tempat)
• Place (tempat)
berhubungan dengan cara mendistribusikan produk secara fisik kepada konsumen
melalui saluran distribusi.
4. Price (Harga)
• Price (harga)
terdiri dari semua elemen yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh
konsumen untuk produk yang digunakannya.
Struktur
Organisasi Fungsional
Perusahaan bisnis telah
teratur dalam hal tugas-tugas atau fungsi-fungsi yang dilaksanakan. Semua jenis
organisasi memiliki fungsi pemasaran, keuangan, sumber daya informasi, dan jasa
informasi, walau nama-nama ini jarang terlihat pada bagan organisasi.
Perusahaan yang memiliki fungsi manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi
produk yang dijualnya. Fungsi-fungsi lain meliputi engineering, dan penelitian
dan pengembangan.
Prinsip-Prinsip Pemasaran
Banyak orang berpikir mengenai pemasaran dalam arti yang sempit, seperti
hanya mencakup penjualan dan periklanaan. Namun, pakar mendefinisikannya sangat
luas. Satu definisi menyatakan bahwa pemasaran terdiri dari kegiatan perorangan
dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang
memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan, pendistribusian,
promosi dan penentuan harga barang, jasa dan gagasan.
Pandangan ini menunjukaan luasnya permasalahan yang harus dipecahkan oleh
manajer pemasaran demikian pula luasnya infoormasi yang diperlukan untuk
memecahkan masalah-masalah itu.
Bauran Pemasaran
Manajer pemasaran memiliki bergam sumber daya untuk dikaryakan. Tujuannya
adalah mengembangkann strategi yang menerapkan sumber daya ini bagi pemasaran
barang, jasa dan gagasan perusahaan.
Strategi pemasaran terdiri dari campuran unsur-unsur yang dinamakan bauran
pemasaran (marketing mix) yaitu produk, promosi, tempat, dan harga (product,
promotion, place, and price). Semua itu dikenal sebagai 4 P. Produk (product)
adalah apa yang dibeli oleh pelanggan untuk memuaskan keinginannya atau
kebutuhannya. Produk dapat berupa barang fisik, berbagai jenis jasa, atau suatu
gagasan. Promosi (promotion) berhubungan dengan semua cara yang
mendorong penjualan produk, ternasuk periklanan dan penjualan langsung. Tempat
(place) berhubungan dengan cara mendistribusikan produk secara fisik
kepada pelanggan melalui saluran distribusi. Harga (price) terdiri dari
semua elemen yang berhubungan dengan apa yang dibayar oleh pelanggan untuk
produk itu
Evolusi
Sistem Informasi Pemasaran
• Pada tahun 1966,
Prof. Philip Kotler dari Northwestern University, menggunakan
istilah Pusat Saraf Pemasaran (Marketing Nerve Center)untuk
menggambarkan suatu unit baru di dalam pemasaran yang mampu mengumpulkan dan
mengolah informasi pemasaran.
• Walaupun Kotler
tidak menggunakan istilah sistem informasi pemasaran, tetapi itulah yang ada
dalam pikirannya.
• Kotler
mengidentifikasikan 3 jenis informasi pemasaran, yaitu :
Intelijen Pemasaran (Marketing Intelligent), informasi yang mengalir dari lingkungan ke
perusahaan.
Informasi
Pemasaran Intern (Internal Marketing Information), informasi yang dikumpulkan di dalam perusahaan.
Komunikasi
Pemasaran (Marketing Communication),
informasi yang mengalir dari perusahaan ke lingkungan.
Gambar
Arus Informasi menurut Kotler